WARGA BANTUL WAJIB TAHU CALON BUPATI BANTUL RESMI TAHUN 2020

Calon bupati bantul – Pemilihan umum kabupaten bantul 2020 menjadi pemilihan umum lokal yang di selenggarakan oleh kabupaten bantul. Bantul sendiri merupakan salah satu kabupaten dari provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagai negara demokrasi, pemilihan bupati dan wakil bupati tentu di lakukan dengan cara melakukan pencoblosan. Pemilu di kabupaten bantul yang di selenggarakan pada tahun 2020 ini di lakukan dalam rangka mencari bupati dan wakil bupati bantul untuk periode 2021 – 2024. Pemilihan umum sendiri menjadi salah satu usaha yang akan mempengaruhi rakyat secara persuasif atau tanpa paksaan. Pemilu sendiri sangat berkaitan erat dengan kegiatan politik atau sering juga di sebut dengan pergantian pemimpin. Dalam pemilihan ini di lakukan secara kompetitif, berkala, inklusif dan definitif guna menentukan pemerintah. Termasuk dalam pemilihan bupati yang di lakukan dalam kurun waktu 5 tahun sekali. Setiap 5 tahun kita akan melakukan pemilihan sebagai pengganti bupati. Namun beberapa calon bupati bantul pun juga bisa seorang bupati yang periode-nya memang sudah habis. Dari beberapa calon bupati bantul, kita dapat menentukan hak pilih sesuai keinginan kita bukan lagi dari sebuah paksaan. Bila mana ada 2 calon bupati bantul, anda dapat memilih salah satu sesuai dengan pilihan anda sendiri. Namun beberapa orang tentu saja tidak asal pilih. Karena pemilih tentu saja memperhatikan latar belakang dan visi misi sebagai calon bupati.

calon bupati bantul

Inilah Hal Yang Harus Kita Ketahui Sebelum Coblos Calon Bupati Bantul

Kesuksesan seorang calon bupati bantul menjadi sebuah kebangaan tersendiri. Sebelum di lakukan pemungutan kotak suara. Hal yang tentunya di lakukan adalah sebuah kampanye. Yang mana sebagai bentuk promosi kepada masyarakat. Sebagai calon bupati bantul tentu saja akan memberikan informasi kepada masyarakat umum. Informasi yang di berikan tentu akan lebih mendidik, meyakinkan, serta dapat mempengaruhi setiap individu. Kampanye yang di lakukan calon bupati bantul sendiri adalah memberikan informasi terkait apa dan bagaimana program dari suatu partai. Dengan hal ini masyarakat dapat memahami maksud serta tujuan dari partai itu sendiri. Tentu saja dengan informasi yang di berikan, sebagai pemilih, kita dapat menentukan siapa calon bupati bantul yang sebenarnya layak duduk di kursi bupati tersebut. Namun di tengah pandemi covid-19 ini, kegiatan kampanye tidak berlangsung secara langsung. Seperti yang kita ketahui bahwa kegiatan social distancing atau menjaga jarak masih di lakukan. Untuk itu ketika kita mencari informasi terkait calon bupati bantul. Tentu saja media internet memberikan kemudahan kita mendapatkan informasi tersebut. Di media internet dan media sosial kita pun harus jeli dalam menyaring informasi. Seperti yang kita kenal, ada banyak sekali informasi yang bisa kita dapatkan. Namun kita harus tahu informasi yang positif dan yang tidak.

Sebagai warga bantul yang sudah berumur 17 tahun ke atas tentu saja memiliki hak untuk mengikuti pencoblosan. Akan tetapi sebelum anda melakukan pemilihan calon bupati bantul ada beberapa hal yang harus di perhatikan. Mengapa? Agar anda tidak salah dalam memilih calon pemimpin. Adapun beberapa hal tersebut adalah:

  • Pastikan anda sudah terdaftar sebagai pemilih

Bila mana anda ingin datang ke TPS dalam memilih calon bupati bantul. Hal penting yang harus di perhatikan adalah anda sendiri. Pastikan anda sudah terdaftar sebagai pemilih tetap. Untuk mengetahui apakah anda sudah terdaftar atau tidak, bisa di lihat dari format C6 saja. Yang mana biasanya ini di bagikan panitia KPU. Dari formulir yang anda dapatkan bisa di ketahui juga TPS mana yang akan anda gunakan dalam pencoblosan. Tentu saja bila anda sendiri sudah terdaftar, maka anda pun bisa melakukan datang langsung ke TPS dengan membawa KTP elektronik dan format C6. Lalu bagaimana bila belum terdaftar? Tidak perlu khawatir, karena anda tetap bisa dayang dengan membawa KTP dan surat keterangan yang di buat dinas Penduduk dan catatan sipil. Dengan hal ini anda bisa melakukan pencoblosan calon bupati bantul.

  • Pastikan jika anda tidak datang terlambat

Hal yang tidak kalah penting saat di lakukan pemungutan suara calon bupati bantul ialah datang tepat waktu. Terutama bagi seorang pemilih yang belum terdaftar. Seperti contoh bila mana TPS di buka pukul 07.00 – 13.00 maka datanglah sebelum jam tersebut dan bisa mengantre. Dan tentu saja ada perpanjangan waktu bagi siapa saja yang sudah terdaftar namun waktu untuk pencoblosan sudah habis. Sehingga kita tetap bisa mendapatkan hak pilih dalam pemilu.

  • Tidak boleh menggunakan Atribut Kampanye saat datang ke TPS

Berdasarkan peraturan KPU pasal 276 UU Nomor 7 tahun 2017 di hadi pencoblosan yang mana sudah masuk dalam minggu tenang. Hal ini di larang untuk melakukan kegiatan kampanye, terlebih saat memasuki pemungutan suara. Oleh karena itu saat kita datang ke TPS sebaiknya menggunakan atribut netral. Yang mana tidak mengandung simbol-simbol dukungan terhadap peserta pemilu. Bahkan seorang pemilih di larang mengumbar pilihan calon bupati bantul saat berada di TPS dan juga memposting di media sosial.

  • Tolak segala bentuk politik uang atau serangan fajar

Guna mewujudkan pemilihan yang bersih, adil, jujur maka segala macam bentuk iming-iming imbalan dari calon bupati bantul di haramkan. Segala bentuk politik uang memiliki konsekuensi yang berat. Bahkan hal ini juga sudah di atur pada pasal 515 UU nomor 7 tahun 2017 yang mana setiap pemilih dilarang mempengaruhi pemilih untuk golput atau memilih calon tertentu dengan menjanjikan sesuatu. Bila mana anda melakukan hal tersebut maka ancaman 3 tahun penjaga dan denda sebanyak 36 juta.

Siapa Calon Bupati Bantul Tahun 2020 Yang Memajukan Masyarakat?

Bagi seorang pemilih tentu saja wajib untuk memantapkan siapa pilihan sebelum mencoblos. Mengapa? Tujuannya agar anda juga tidak lama-lama berada di bilik suara. Memilih calon pemimpin yang tepat tentu saja akan memajukan kesejahteraan masyarakat juga. Untuk itu jauh-jauh hari sebelum kita mencoblos calon bupati bantul. Pastikan anda tahu siapa calon bupati yang tepat untuk di coblos. Salah satu calon bupati bantul yang ikut bertarung pada Pilkada Bantul 2020. Abdul Halim yang berpasangan dengan Joko Purnomo. Dengan mendapatkan Urutan Nomor 1 dengan dukungan PDIP, PKB, PAN, Demokrat, Gelora dan PSI. Dengan dukungan partai yang lebih solid dan jaringan yang lebih kuat. Kami menjunjung idealisme kebinekaan dan pancasila yang lebih kuat. Di tengah pandemi seperti ini, tentu saja kami menyelenggarakan kampanye dengan Kampanye Digital. Kami sangat dekat dengan masyarakat lintas usia, termasuk perempuan, kalangan anak muda dan penyandang distabilitas. Kami memiliki tujuan dalam memajukan pembangunan dan masyarakat Bantul. Jadi siapa calon bupati bantul yang bisa anda pilih? Tentu saja pasangan Abdul Halim – Joko Purnomo di urutan Nomor 1.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *